Manfaat Belajar di Pondok di Pesantren

Manfaat Belajar di Pondok di Pesantren– Sistem pendidikan mondok atau asrama sudah ada sejak zaman dahulu, ketika kita melirik pada sejarah tentang sistem pendidikan pada masa lampau banyak ditemukan peninggalan-peninggalan asrama atau gedung-gedung belajar yang difasilitasi penginapan untuk  para siswa.
Ada banyak jenis pendidikan yang memakai sistem asrama tergantung lembaga pendidikannya. seperti asrama militer, asrama bidan atau asrama jenis siswa lainnya.
Dalam artikel ini kita membahas tentang Hikmah dan Manfaat Anak Mondok di Pesantren, disini zonapendidikan.com merangkum berbagai tanggapan dan pengakuan para siswa, orang tua dan para guru yang berada pada ruang lingkup pendidikan asrama.
Terjaga dari pengaruh buruk lingkungan bebas

Hal ini sudah pasti, anak yang tinggal di asrama atau pondok pesantren lingkungan belajarnya dibatasi dan ada skat-skat tertentu, bahkan dalam lingkungan itupun terkadang ada zona terlarang. terpisah lagi antara komplek putra dan putri. ini adalah salah satu bukti bahwa lingkungan pondok pesantren itu terjaga dari pengaruh yang dapat merusak pola fikir siswa.

Pembangunan Karakter
Bukan berarti di sekolah biasa tidak ada pembentukan karakter siswa, namun pada lingkungan pondok atau asrama pembangunan dan pembentukan karakter lebih cepat karena organisasi kependidikannya selalu ON, pembinaan terus menerus berjalan bukan hanya di dalam kelas tapi juga diluar kelas.

Kemandirian sangat terlihat di Pondok di Pesantren, mencuci pakaian, kegiatan teratur dan memepersiapakan segala sesuatu dengan telaten. disini juga dibina hidup sederhana.

Ibadah terjaga
Ini sudah dapat dipastikan, dalam lingkungan pondok pesantren shalat lima waktu dan ibadah sunnah lainnya berjalan dan terprogram dengan baik. dibina dan didik ilmu agama secara bertahap sehingga mampu menguasai ilmu tersebut dengan baik.

Cerdas dan Jenius
Ini merupakan cetusan bagi pesantren yang bercorak pendidikan modern, santri atau siswa disini tidak hanya dididik untuk menguasai ilmu agama, atapi juga diupayakan pembinaan ilmu lainya agar bisa bersaing dengan siswa-siswa nasional umumnya.

Tidak jarang kita temukan anak pondok pesantren mahir berbahasa inggris dan bahasa asing lainnya dan mereka juga mampu memenangkan olimpiade tingkat nasional dan lain-lain.

Beberapa poin diatas adalah  Manfaat Belajar di Pondok di Pesantren dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan sesuai jenis pesantrennya. namun ada kontra dari masyarakat tentang anak pesantren, kenapa ana pesantren kerap melakukan tindakan kriminal atau melanggar hukum agama dan lain-lain.

Perlu kita ketahui bahwa presepsi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya  di Pondok di Pesantren sudah keliru, anak bandel atau anak yang nakal diserahkan ke pesantren berharap bisa dibina. pada hakikatnya tidak semua berhasil. apalagi siswa atau santrinya tidak sampai menyelesaikan pendidikan sampai tamat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s